Sabtu, 01 Desember 2012

Reksa Dana Saham Pilihan Investasi Untuk Semua kalangan

Advertorial Majalah Prioritas Bank Mandiri
31 October 2012
Saat ini, persepsi masyarakat Indonesia mengenai investasi reksa dana mulai beralih, dimana masyarakat Indonesia sudah lebih sadar berinvestasi, hal ini ditandai dengan  besarnya dana kelolaan industri Reksa Dana  yang meningkat dari Rp. 145 Triliun pada akhir tahun 2010 menjadi 176  Triliun pada akhir  Oktober 2012 (sumber: www.infovesta.com), dan meningkatnya jumlah pembelian (subscription) reksa dana dari bank sebagai agen penjual reksa dana dan unit link (produk proteksi asuransi yang digabungkan dengan produk investasi reksa dana) yang terutama berasal dari nasabah-nasabah individual, termasuk dari nasabah-nasabah Bank Mandiri.
Kini nasabah-nasabah Bank Mandiri dapat menjadi bagian dari pertumbuhan kinerja investasi reksa dana melalui kemudahan cara berinvestasi di Bank Mandiri pada suatu program yang dikenal dengan Installment Plan, yaitu investasi otomatis di reksa dana pilihan nasabah dengan mendebit rekening tabungan nasabah secara rutin pada tanggal-tanggal tertentu.
Investasi secara rutin dan otomatis ini dapat dimanfaatkan sebagai cara yang sederhana dan ampuh untuk memenuhi kebutuhan keuangan di masa yang akan datang, misalnya untuk membiayai sekolah anak di perguruan tinggi, untuk persiapan pembiayaan ibadah haji atau ziarah, untuk mempersiapkan down payment Kredit Pemilikan Rumah, untuk  mempersiapkan keuangan menikmati masa pensiun dan berbagai keperluan keuangan lainnya di masa mendatang. Dana investasinya relatif rendah, kinerjanya mudah dimonitor, proses investasi dan pencairannya mudah dilakukan, dan pilihan jenis produk reksa dananyapun bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan profil risiko masing-masing investor. Secara statistik kinerja reksa dana terutama reksa dana saham memberikan pertumbuhan investasi  yang tinggi dan optimal dalam jangka panjang, karena pertumbuhan harga-harga saham yang ada di portofolio reksa dana itu sendiri memiliki korelasi yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.
Mandiri Investasi yang merupakan bagian dari Bank Mandiri Group yang memiliki berbagai jenis produk reksa dana, salah satunya adalah reksa dana berbasis saham bernama Mandiri Investa Ekuitas Dinamis (MIED).  Investasi MIED difokuskan pada saham-saham berkapitalisasi menengah dan kecil, dalam hal ini adalah saham saham secara selektif selain 20 saham berkapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia yang dinilai memiliki fundamental keuangan yang kuat, antara lain bisnis yang sehat dan berkesinambungan serta memberikan pendapatan usaha yang sehingga meningkatkan pendapatan untuk setiap lembar saham yang dimiliki oleh investor-investor MIED yang tercermin dalam pertumbuhan Nilai Aktiva Bersih (NAB) MIED dari waktu ke waktu. Sejak diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2011 sampai dengan tanggal 31 October 2012 (19 bulan) MIED memberikan imbal hasil sebesar 25.02%, suatu pencapaian yang lebih tinggi dibandingkan kinerja harga-harga saham secara gabungan (indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG) yaitu sebesar 22.14% yang berarti jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito pada periode yang sama. Pada tgl 31 Oktober 2012 nilai aktiva bersih MIED mencapai Rp. 1,2 Triliun.
MIED adalah suatu alternatif utama pilihan investasi yang patut untuk dipertimbangkan oleh nasabah-nasabah Bank Mandiri untuk program Installment Plan selain karena kinerjanya yang baik juga karena dikelola oleh Mandiri Investasi yang menerapkan proses investasi yang prudent namun tetap berorientasi pada hasil investasi yang optimal dan lebih baik dari tolok ukurnya.
  
Anda yang belum memiliki perencanaan keuangan segeralah identifikasi kebutuhan keuangan anda di masa yang akan datang, anda yang telah memilikinya segeralah berinvestasi di reksa dana dan MIED adalah pilihan utamanya. Sebagai renungan, harga-harga saham secara gabungan (IHSG) sebagai cerminan kinerja reksa dana berbasis saham dalam 10 tahun terakhir telah memberikan imbal hasil sekitar lebih 10 kali lipat. Jadi jangan tunda keputusan investasi anda untuk menikmati hasil investasi 5 atau 10 tahun yang akan datang. Untuk mendapatkan informasi selanjutnya,silahkan kunjungi : www.Mandiri-Investasi.co.id

0 komentar: