Kamis, 06 Desember 2012

Hai,kawanku semua, Ini Tips Memilih Bisnis Online Yang Pertama yaa...

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

saya akan memberikan 7 Tips Membangun Bisnis Online;-)


Kita mulai ya.


*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*


Tujuh Tips Membangun Bisnis Online - Tips Hari Pertama.

*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*


Tahun 2000 saya memulai pekerjaan sebagai seorang penulis
untuk sebuah situs luar.
"nadia meutia memulai

"Saat itu saya hanya berhubungan dengan atasan saya melalui email dan telpon.karena perusahaan ini berbasis di luar negeri dan saya di Jakarta.

Nah kebayang ya ,
karena setiap harinya saya berkutat dengan komputer, internet tepatnya,
saya menjadi sangat familiar dengan hal-hal yang online.

Sampai akhirnya saya berkenalan dengan Dini Shanti,
founder Komunitas dan Mailing List Dunia Ibu --
yang ternyata sudah cukup lama malang melintang di dunia bisnis online.

"Petualangan" online saya pun dimulai ;-)

Kerjasama kami berdua tidak hanya berhenti dalam dunia email-emailan
tapi berlanjut ke partnership bisnis.

Saat itu dibenak saya hanya satu.

Bagaimana ya caranya belajar seperti mba Dini?
Dapat uang dari rumah
dengan bermodalkan hal-hal yang berhubungan dengan internet saja,
untuk promosinya misalnya.

Akhirnya segala jenis bisnis saya coba.

**
Parcel Lebaran**

Yup.
Bisnis yang satu ini kan sempat booming ya beberapa tahun yang lalu.
Nah saya pun mencobanya bersama Dini.
Tantangan pertama yang harus saya hadapi
adalah bagaimana memperkenalkan diri
sebagai supplier parcel yang dapat dipercaya,
kualitas yang bagus dan bertanggung jawab
mulai dari pemesanan hingga pengiriman.

Promosi secara offline dengan flyers
dan secara online juga tentunya,
kami lakukan semuanya!

Setelah lebaran? vakum dulu ;-)


**
Antar Jemput Anak**

Hampir sama dengan saat berbisnis parcel.
Saya pun harus extra kerja keras
untuk meyakinkan bisnis ini
pada orangtua anak-anak yang saya promosikan,
misalnya dari sisi keamanan kendaraan yang saya gunakan,
amanah supir yang saya gaji, ketepatan waktu, pengaturan jadwal, dsbnya.


**
Berjualan Jilbab**

Karena maunya lewat online
dan kebetulan jilbab yang saya jual adalah milik teman
yang belum "ada namanya" alias home industry...
again, saya harus menyedikaan waktu khusus
untuk kembali memperkenalkan branding yang kami buat bersama.

Tentunya ada modal untuk promosi dan marketing.
Saat saya berjualan jilbab secara online tahun 2005 kalau tidak salah,
belum banyak loh yang berjualan jilbab seperti saat ini dimana-mana.


**
Berjualan batik**

Hmm... yang ini era kebangsaan tahun 2008-2009.
Setelah itu?
Trend berganti ...bisnis pun mandeg ;-)


**
Affiliate Marketing**

Saya masuk ke sebuah perusahaan bisnis
yang waktu itu masih baru berdiri, namun...
didirikan oleh seseorang yang sudah punya nama
di dunia internet marketing secara internasional dan menahun.

Wah disini saya betul-betul harus belajar lagi dari awal
mengikuti semua langkah-langkah pembelajaran yang diberikan...
namun ternyata sampai detik ini saya masih mendapatkan penghasilan loh
sebagai afiliasi mereka walaupun tidak sebesar ditahun-tahun pertama....


Semua bisnis yang saya jalankan diatas
modalnya ada yang relatif besar dan ada yang biasa saja...
Namun hasilnya semua sama: pas-pasan hehe.

Tidak sesuai dengan tujuan utama saya
yang ingin menjalankan bisnis secara online
dan punya penghasilan yang memang benar-benar
bisa untuk hidup sehari-hari
dan bahkan merubah hidup jadi lebih baik :(


Setelah saya review kembali,
ternyata waktu saya banyak habis di marketing
alias meyakinkan orang:
- Kenapa harus memakai jasa saya?
- Kenapa harus membeli produk saya?

Padahal ada banyak hal lain yang harus saya pikirkan
seperti operasional bisnis, trend terbaru,
pengepakan, pengiriman, dll.

Saya masih harus terus menerus meyakinkan calon customer,
padahal sejujurnya saya butuh balik modal dengan cepat.

Dan saya pun menemukan Tip Pertama untuk Ashif .
"nadia meutia menutup pembicaraannya saat itu.

*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*


TIPS PERTAMA MEMILIH BISNIS ONLINE :
PILIH SUDAH TERBUKTI TAHAN BANTING & TIDAK MUSIMAN!


*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*

Anda ingin berbisnis online?
Amat banyak pilihannya.

Tapi sangat disarankan untuk Anda memilih bisnis yang:

1. Sudah membuktikan bahwa produk yang dijual
memang akan selalu jadi kebutuhan sehari-hari.

Seperti pengalaman saya diatas,
memilih bisnis yang cenderung musiman
atau hanya mengikuti trend sesaat
ternyata memiliki kekurangan
dimana Anda jadi tidak bisa menargetkan profit yang sama sepanjang masa.

Pilih produk yang berhubungan dengan dunia online
(karena masih akan terus dibutuhkan dan berkembang dengan cepat)
dan kebutuhan sehari-hari
(karena dibutuhkan banyak orang untuk bertahan hidup ;-)


2. Sudah bertahan lama dari segi waktu.

Banyak yang bilang:
semakin sedikit orang yang sudah mencoba sebuah jenis bisnis
maka kesempatan untuk sukses disini lebih terbuka lebar?
Betulkah?

Ternyata hal ini tidak berlaku
untuk jenis bisnis yang bisa dijalankan secara online
karena internet masih akan terus berkembang
dan akan selalu membuka kesempatan/pasar baru.

Untuk itu anda butuh bisnis yang sudah terbukti tahan banting
dari sisi lama berdirinya.

Ingatkah anda bawa kita pernah melewati resesi ekonomi dunia
tahun 1995-1997 dan 2008 yang lalu?

Tahukah anda perusahaan apa saja yang masih tetap bertahan
melewati masa-masa sulit itu dulu?

Salah satunya adalah Oriflame.!!

Sebuah perusahaan bisnis kosmetik yang berasal dari Swedia,
dengan sistem bisnis direct selling dan multi level marketing
yang telah berdiri sejak 1967 dan masuk di Indonesia sejak 1986.

Bayangkan!
42 tahun di dunia dan 24 tahun di Indonesia!

Kantor Pusat Oriflame di Indonesia
awal bulan September 2010 baru saja menempati
sebuah gedung baru yang mewah di bilangan Sudirman, Jakarta...

Dan saat ini kantor cabangnya tersebar di 12 kota di Indonesia
serta tetap melayani semua kota mulai dari Sabang sampai Merauke!


Hal penting lain yang sebaiknya diingat:

Perhatikan juga apakah dalam waktu sekian tahun berdiri,
dalam perusahaan tersebut apakah hanya satu dua orang yang sukses?

Atau dapat diikuti dengan mudah oleh semuanya
kapanpun mereka mulai mengikuti atau menjalankan bisnis tersebut?

Banyak saingan bukanlah masalah
bila anda memilih jenis bisnis yang tepat.

Pilih bisnis yang semakin banyak jaringan anda
akan semakin menguntungkan!

"Alhamdulillah,
bahwa dalam waktu 4 tahun saja,
saya mendirikan dan membangun d'BC Network bersama Dini Shanti,
d'BC Network telah mencetak banyak jutawan baru!"ujar nadia meutia
Dan psstt... kini...
banyak jaringan Oriflame lain yang ikut membangun jaringan mereka secara online ;-)

Bagaimana menurut anda?
Sudah terbukti sebagai bisnis yang tahan banting?

;-)


Saya akan menjelaskan soal tips bisnis online lainnya
di email berikut yaaa.

Terima kasih Ashif!

Salam online!

0 komentar: